Featured

Pengenalan Tentang LBS (Location Based Service)





 Assalamualaikum wr.wb
A. JUDUL

      Pengenalan Tentang LBS (Location Based Service)

B. PENDAHULUAN

     1. Pengertian

         Layanan berbasis lokasi ( LBS ) adalah layanan tingkat perangkat lunak yang menggunakan data lokasi untuk mengendalikan fitur. Seperti LBS adalah layanan informasi dan memiliki sejumlah kegunaan dalam jejaring sosial saat ini sebagai informasi, hiburan atau keamanan, yang dapat diakses dengan perangkat mobile  melalui jaringan seluler dan yang menggunakan informasi mengenai posisi geografis perangkat mobile. 

     2. Latar Belakang

          Ingin mengenal dan mengerti tentang Location Based Service.

     3. Maksud dan Tujuan
  • Agar mengetahui sejarah LBS
  • Agar mengetahui bahwa sekarang aplikasi banyak yang menggunakan LBS.
     4. Hasil yang diharapkan

           Mengerti tentang sejarah LBS.

C. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop atau PC
  • Koneksi Internet  
D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

           2 Jam

E. URAIAN

            Sejarah
 
        Layanan berbasis lokasi (LBS) adalah bagian dari hampir semua sistem kontrol dan kebijakan yang bekerja di komputer saat ini. Mereka telah berevolusi dari model layanan berbasis sinkronisasi sederhana hingga alat yang terotentikasi dan kompleks untuk menerapkan hampir semua model layanan berbasis lokasi atau fasilitas.
 
         LBS adalah kemampuan untuk membuka dan menutup objek data spesifik berdasarkan penggunaan lokasi dan / atau waktu sebagai (kontrol dan pemicu) atau sebagai bagian dari kunci kriptografi atau sistem hashing yang rumit dan data yang mereka berikan aksesnya. Layanan berbasis lokasi saat ini adalah bagian dari segala hal mulai dari sistem kontrol hingga senjata cerdas. Mereka secara aktif menggunakan triliunan kali sehari dan mungkin merupakan salah satu kerangka keputusan layer aplikasi yang paling banyak digunakan dalam komputasi saat ini.
 
         Pelopor layanan berbasis lokasi hari ini meliputi sistem Active Badge inframerah (1989-1993), uji coba Ericsson -Europolitan GSM LBS oleh Jörgen Johansson (1995), dan tesis master yang ditulis oleh karyawan Nokia Timo Rantalainen pada tahun 1995.
 
         Pada tahun 1990 International Teletrac Systems (kemudian PacTel Teletrac), yang didirikan di Los Angeles CA, memperkenalkan layanan pemulihan kendaraan real-time pertama yang nyata di dunia. Sebagai kedekatan dengan ini, mereka mulai mengembangkan layanan berbasis lokasi yang dapat mengirimkan informasi tentang barang dan layanan berbasis lokasi ke pager Motorola alfanumerik terprogram. Pada tahun 1996 Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) mengeluarkan peraturan yang mewajibkan semua operator seluler AS untuk menemukan penelepon darurat . Aturan ini merupakan kompromi yang diakibatkan oleh operator seluler AS yang meminta dukungan masyarakat darurat untuk mendapatkan perlindungan yang sama dari tuntutan hukum yang berkaitan dengan panggilan darurat karena operator fixed-line sudah ada.
 
         Pada tahun 1997 Christopher Kingdon, dari Ericsson, menyerahkan deskripsi Lokasi Lokasi (LCS) tahap 1 kepada kelompok GSM Bersama European Telecommunications Standards Institute (ETSI) dan American National Standards Institute (ANSI). Akibatnya, sub-kelompok kerja LCS dibuat di bawah ANSI T1P1.5. Kelompok ini melanjutkan untuk memilih metode penentuan posisi dan standarisasi Location Services (LCS), yang kemudian dikenal sebagai Location Based Services (LBS). Node yang didefinisikan meliputi Gateway Mobile Location Center (GMLC), Serving Mobile Location Center (SMLC) dan konsep seperti Mobile Originating Location Request (MO-LR), Permintaan Induksi Lokasi Terinduksi Jaringan (NI-LR) dan Permintaan Penerusan Lokasi Mobile (MT -LR). Model penggunaan ini tidak begitu fungsional pada lapisan konteks aplikasi dan memerlukan lebih banyak kontrol antarmuka pengguna untuk membuatnya ada di mana-mana. Kontrol tersebut berasal dari model Glassey yang berkembang yang memperluas ini dan menyediakan sistem sekunder, lebih kuat dan sangat sederhana untuk mengendalikan objek digital dan proses pengambilan keputusan berdasarkan lokasi dan waktu.
 
          Sebagai hasil dari upaya tersebut pada tahun 1999, Paten Pelayanan Berbasis Lokasi Digital pertama diajukan di AS dan akhirnya diterbitkan setelah sembilan (9) tindakan kantor pada bulan Maret 2002. Paten memiliki kontrol yang bila diterapkan pada model jaringan hari ini memberikan kunci nilai di semua sistem
 
          Pada tahun 2000, setelah mendapat persetujuan dari 12 operator telekomunikasi terbesar di dunia, Ericsson, Motorola dan Nokia bersama-sama membentuk dan meluncurkan Location Interoperability Forum Ltd (LIF). Forum ini pertama kali menentukan Mobile Location Protocol (MLP), sebuah antarmuka antara jaringan telekomunikasi dan aplikasi LBS yang berjalan pada server di Domain Internet. Kemudian, banyak didorong oleh grup Vodafone , LIF melanjutkan untuk menentukan Lokasi Mengaktifkan Server (LES), sebuah " middleware ", yang menyederhanakan integrasi beberapa LBS dengan infrastruktur operator. Pada tahun 2004 LIF bergabung dengan Open Mobile Association (OMA). Kelompok kerja LBS dibentuk di dalam OMA.
Perangkat mobile mobile konsumen pertama LBS adalah Palm VII , yang diluncurkan pada tahun 1999. Dua dari aplikasi in-the-box memanfaatkan informasi kode pos bertanda pos dan berbagi judul untuk aplikasi LBS konsumen pertama: aplikasi Weather.com dari Weather Channel, dan  aplikasi TrafficTouch dari Sony- Etak / Metro Traffic.
 
          Layanan LBS pertama diluncurkan pada tahun 2001 oleh TeliaSonera di Swedia (FriendFinder, halaman kuning, rumah susun, lokasi panggilan darurat dll.) Dan oleh EMT di Estonia (lokasi panggilan darurat, pencari teman, permainan TV). TeliaSonera dan EMT mendasarkan layanan mereka pada Ericsson Mobile Positioning System (MPS).
 
          LBS awal lainnya termasuk friendzone, diluncurkan oleh swisscom di Swiss pada bulan Mei 2001, menggunakan teknologi valis ltd. Layanan ini termasuk pencari teman, LBS dating dan game LBS. Layanan yang sama diluncurkan kemudian oleh Vodafone Jerman, Orange Portugal dan Pelephone di Israel . Sistem lokasi dalam ruangan berbasis Wi-Fi milik Microsoft RADAR (2000), proyek Cricket MIT yang menggunakan lokasi ultrasound (2000) dan Intel Place Lab dengan lokasi area luas (2003). 
Pada bulan Mei 2002, go2 dan AT & T Mobility meluncurkan aplikasi penelusuran lokal LBS mobile pertama (AS) yang menggunakan teknologi Automatic Location Identification (ALI) yang diberi mandat oleh FCC. Pengguna go2 dapat menggunakan ALI AT & T untuk menentukan lokasi dan pencarian mereka di dekat lokasi tersebut untuk mendapatkan daftar lokasi yang diminta (toko, restoran, dsb.) yang berada di dekat ALI yang disediakan oleh jaringan nirkabel AT & T. Lokasi yang ditentukan ALI juga digunakan sebagai titik awal untuk petunjuk belokan demi belokan .
 
          Keuntungan utamanya adalah pengguna ponsel tidak perlu menentukan secara manual kode pos atau pengenal lokasi lainnya untuk menggunakan LBS, saat mereka menjelajah ke lokasi yang berbeda. Pelacakan GPS adalah bahan yang memungkinkan, memanfaatkan akses ke web seluler.


       Aplikasi yang Menggunakan layanan LBS

Layanan berbasis lokasi dapat digunakan di sejumlah aplikasi, termasuk : 
  • Menemukan orang di peta yang ditampilkan di ponsel
  • Melacak pendarat lunar NASA
  • Merekomendasikan acara sosial di kota
  • Meminta bisnis atau layanan terdekat, seperti ATM, restoran atau toko eceran
  • Navigasi belokan demi belokan ke alamat manapun
  • Sistem kesehatan bantu
  • Menerima peringatan, seperti pemberitahuan penjualan gas atau peringatan kemacetan
  • Iklan mobile berbasis lokasi
  • Pemulihan aset dikombinasikan dengan RF aktif untuk menemukan, misalnya, aset curian dalam kontainer dimana GPS tidak akan bekerja
  • Mengkontekstualisasikan pembelajaran dan penelitian
  • Permainan di mana lokasi Anda adalah bagian dari permainan game, misalnya gerakan Anda selama hari Anda membuat avatar Anda bergerak dalam permainan atau posisi Anda membuka konten.
  • T & J real-time berputar di sekitar restoran, layanan, dan tempat lainnya.
F. HASIL YANG DIDAPAT

         Menjadi tau tentang apa sih itu LBS dan juga  sejarahnya.

G. KESIMPULAN

        Diatas membahas tentang sejarah LBS dan pada kiriman blog selanjutnya akan membahas tentang cara kerjanya. Dan juga manfaat menggunakan layanan berbasis lokasi ini.

H. REFERENSI
Waalaikumusalam wr.wb