Featured

Membuat Controller dan View Menggunakan Codeigniter





Assalamualaikum wr.wb

A. PENDAHULUAN

     Kembali lagi dengan saya, kemarin pada postingan saya sebelumnya sudah membahas tentang bagaimana caranya menginstall CodeIgniter di Linux Mint. Dan pada postingan saya kali ini saya ingin membahas bagaimana sih caranya membuat controller dan view menggunakan codeigniter. Yuk simak
lebih lanjut.

B. PENGERTIAN

   Codeigniter adalah sebuah framework php yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). Framework codeigniter di buat dengan tujuan sama seperti framework lainnya yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuatnya dari awal.

Kelebihan Codeigniter  :
  1. Syntax yang terstruktur 
  2. Kemudahan dalam menggunakannya
  3. Keamanan yang sudah lumayan karena user atau pengakses aplikasi tidak berhubungan langsung dengan database.
C. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • File CodeIgniter
  • Text Editor (Sublime Text)
  • Web Browser
D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

      15 Menit

E. PEMBAHASAN

MVC adalah teknik atau konsep yang memisahkan komponen utama menjadi tiga komponen yaitu Model,View dan Controller.
  • Model 
            Merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database.
  • View
            Merupakan bagian yang menangani halaman user  interface atau halam yang muncul pada user. Tampilan dari user interface di kumpulkan pada view untuk memisahkannya dengan controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.
  • Controller
             Merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung, intinya dari view kemudian controller yang mengolah intruksi.

Urutannya :
  1. Pertama, framework CI nya sudah di download kemudian di install kemudian sudah saya bahas pada postingan sebelumnya, jika belum lihat bisa di lihat disini
  2. Kemudian buat controller baru dengan cara buka fileaplication/controllers. Didalam file controllers sebelumnya terdapat file default yaitu index.html dan welcome.php. Setelah itu, tambahkan file baru dengan nama home.php dan isikan di copykan dari isi welcome.php.

  
      3. Kemudian, Buka folderAplication/views dan setelah buat file baru dengan nama main_home.php.




       4. Jika sudah, kemudian buka folder Aplication/config/config.php dan kemudian edit seperti gambar dibawah ini.


       5. Sebelumnya aksesnya kita rubah dulu defaultnya welcome menjadi home atau nama controllers kalian di aplication/config/routes.php.



        6. Langkah terakhir, kita bisa akses melalui web browser dengan memasukkan nama folder sesuai dengan foldermu "localhost/nama_folder_kamu ". Maka akan muncul tanpilan di bawah ini.


F. HASIL YANG DI DAPATKAN

       Bisa membuat Controller dan View menggunakan CodeIgniter di Laptop.

G. PENUTUP

       Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan dan bahas pada postingan kali ini, Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi!! Sekian dan semoga bermanfaat!!

H. REFERENSI
Wasalamualaikum wr.wb